Kemenpora Sebut AJAFA Executive Council Meeting Perkuat Solidaritas Negara Anggota ASEAN

Foto : Dokumen Kemenpora.

JAKARTA, KLIKERS.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) memberikan apresiasi atas terselenggaranya The 35th ASEAN Japan Friendship Association (AJAFA) Executive Council Meeting di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, yang digelar pada 16-17 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Esa Sukmawijaya, Sekretaris Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora menuturkan pertemuan tersebut untuk memperkuat semangat solidaritas di negara ASEAN. Selain itu dalam forum itu juga diaharap akan lahir ide dan gagasan demi memajukan masing-masing negara.

“Ya pertama kita tentu mengapresiasi kegiatan tersebut. Kemudian dari pertemuan ini kita harapkan akan hadir tentunya rumusan-rumusan yang sifatnya membangun dalam koridor sebagai negara ASEAN dan mempererat hubungan antarnegara,” ucapnya.

Esa Sukmawijaya menjelaskan, pertemuan ini juga menjadi kesempatan yang baik dalam mendukung prioritas keketuaan Indonesia di ASEAN, dimana menjaga kesatuan dan sentralitas ASEAN.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mengisi agenda Indonesia sebagai Chairmanship of ASEAN pada tahun 2023,” katanya.

Perihal tersebut, ujar Esa Sukmawijaya, ASEAN harus bisa menjadi episentrum pertumbuhan dari berbagai bidang, misalnya dibidang ekonomi hingga sosial budaya.

“Kemudian juga bagaimana ASEAN harus bisa jadi episentrum bagi keadilan perdamaian dunia. Lalu terakhir, dalam pertemuan ini konteksnya kita sama-sama berharap negara ASEAN harus punya peran dibidang kepemudaan dan keolahragaan,” tutupnya.